Rabu, 23 Mei 2012

8 PERPUSTAKAAN TERBESAR DENGAN KOLEKSI BUKU TERBANYAK DI DUNIA


1. LIBRARY OF CONGRESS
  
Library of Congress ini terletak di Washington DC, Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1800, merupakan perpustakaan tertua di Amerika Serikat. Perpustakaan ini sebenarnya terdiri dari 3 bagian raksasa, yaitu Thomas Jefferson Building, James Madison Memorial Building, dan Gedung John Adams. Library of Congress memiliki jumlah buku, rekaman, peta dan manuskrip yang lebih dari 33 juta jumlahnya. Disini juga tersedia kamar-kamar terbuka untuk umum, tetapi anda harus memiliki kartu perpustakaan LOC untuk memasukinya.
 


2. NATIONAL LIBRARY OF CHINA

National Library of China terletak di No.33 Zhongguancun South Street, Beijing China. Merupakan perpustakaan terbesar di Asia. Perpustakaan ini dibangun pada tahun 1909. Koleksinya lebih dari 28 juta buku, yang meliputi majalah individual sekitar 12 juta. National Library of China memegang koleksi terbesar di seluruh dunia sastra China dan semua buku-buku tentang sejarah China tersedia di perpustakaan ini. 


3. NATIONAL LIBRARY OF CANADA

National Library of Canada berada di Ottawa, Kanada. Didirikan tahun 1953. Perpustakaan Nasional Kanada merupakan sebuah departemen pemerintah Kanada federal yang bertanggung jawab untuk pengumpulan dan pelestarian warisan dokumenter dari Kanada melalui teks, gambar dan dokumen lain yang relevan dengan sejarah dan budaya Kanada. Koleksinya lebih dari 26 juta buku, dan merupakan aset nasional Kanada.


4. DEUTSCHE BIBLIOTHEK
 
Deutsche Bibliothek adalah perpustakaan nasional Jerman yang terletak di Frankfurt, Jerman. Didirikan pada tahun 1912. Tujuan utama dari perpustakaan ini adalah untuk mengumpulkan semua publikasi Jerman dan koleksi semua materi yang dipublikasikan di Jerman dalam bahasa lain. Koleksinya lebih dari 24 juta item.


5. BRITISH LIBRARY

British Library adalah perpustakaan nasional Inggris, yang berada di London, Inggris. Didirikan pada tahun 1753. British Library merupakan salah satu perpustakaan paling signifikan di dunia penelitian, memegang lebih dari 15 juta item dalam semua bahasa yang dikenal dan di format. Koleksi Perpustakaannya mencakup sekitar 23 juta buku.  


6. HARVARD UNIVERSITY LIBRARY

Harvard University Library terletak di Cambridge, MA, USA. Didirikan pada tahun 1638. Terdiri dari sekitar 90 perpustakaan, dengan lebih dari 15 juta buku. Merupakan salah satu sistem perpustakaan terbesar di dunia akademik. 



7. RUSSIAN STATE LIBRARY

Russian State Library terletak di Moskow, Rusia. Merupakan perpustakaan nasional Rusia yang didirikan pada tahun 1795. Koleksi bukunya lebih dari 14.5 juta buku. Perpustakaan ini adalah perpustakaan yang paling populer di Rusia.


8. NEW YORK PUBLIC LIBRARY

New York Public Library berada di kota New York, USA. Didirikan pada tahun 1895, merupakan salah satu perpustakaan umum terkemuka dunia dan merupakan salah satu perpustakaan paling signifikan dalam penelitian Amerika. Koleksinya lebih dari 14 juta buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar