Rabu, 09 Mei 2012

7 MASJID TERTUA DI DUNIA

1 . QUBA MOSQUE

Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun dalam sejarah Islam, segera setelah nabi Muhammad SAW tiba hijrah. Di bangun pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi di Quba, sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Madinah. Masjid ini telah beberapa kali mengalami renovasi. Khalifah Umar bin Abdul Aziz adalah orang pertama yang membangun menara masjid ini. Menurut tradisi islam, barang siapa melakukan sholat dua rakaat dan berdoa dengan doa-doa nafl di Masjid Quba ini, sama dengan melakukan satu ibadah umrah.

2. AL - MASJID AL - NABAWI, SAUDI ARABIA


Masjid yang terletak di kota Madinah, Saudi Arabia ini merupakan masjid tersuci kedua di dunia Islam. Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah SAW. Lokasi itu semula adalah tempat penjemuran buah kurma milik anak yatim dua bersaudara Sahl dan Suhail bin ‘Amr, yang kemudian dibeli oleh Rasulullah saw. untuk dibangunkan masjid dan tempat kediaman beliau.
Masjid ini dibangun pada tahun 622, dan mengalami beberapa kali perluasan hingga dapat menampung mencapai 1 juta jamaah. Di dalam masjid, terdapat makam nabi Muhammad SAW, dan di atas makam beliau terdapat kubah berwarna hijau.


3. MASJID AL-QIBLATAIN

Masjid Qiblatain artinya masjid dua kiblat. Masjid ini mula-mula dikenal dengan nama Masjid Bani Salamah, karena masjid ini dibangun di atas bekas rumah Bani Salamah. Pada permulaan Islam, orang melakukan shalat dengan kiblat ke arah Baitul Maqdis (nama lain Masjidil Aqsha) di Yerusalem/Palestina. Peristiwa itu terjadi pada tahun ke-2 Hijriyah hari Senin bulan Rajab waktu dhuhur di Masjid Bani Salamah ini. Ketika itu Rasulullah SAW tengah shalat dengan menghadap ke arah Masjidil Aqsha. Di tengah shalat, tiba-tiba turunlah wahyu surat Al Baqarah ayat 144. Setelah turunnya ayat tersebut, beliau menghentikan sementara shalatnya, kemudian meneruskannya dengan memindahkan arah kiblat menghadap ke Masjidil Haram. Merujuk pada peristiwa tersebut, lalu masjid ini dinamakan Masjid Qiblatain, yang artinya masjid berkiblat dua. Di bangun pada tahun 623, di Madinah.

4. MASJID JUWATSA MOSQUE, SAUDI ARABIA

Terletak di desa Al-Kilabiyah, sekitar 12 km timur laut Hofuf, Al-Ahsa, Arab Saudi. Masjid Juwatsa merupakan tempat ibadah umat Islam yang pertama kali dibangun di kawasan Timur Arab. Masjid yang dibangun pada tahun ketujuh Hijriah itu, kini hanya berupa puing dan reruntuhan. Menurut legenda, ketika Hajar Aswad dicuri oleh Karmatian dari Makkah, batu tersebut disembunyikan di Masjid Juwatsa selama 22 tahun. Itulah mengapa Masjid Juwatsa mendapat tempat khusus dalam sejarah Islam. Di bangun pada tahun 629, sampai saat ini masih digunakan untuk berdoa.

5. MASJID AL-HARAM, SAUDI ARABIA


Masjid al-Haram yang terletak di kota Makkah, Saudi Arabia ini merupakan masjid tersuci bagi umat di dunia Islam. Sejarah mencatat masjid ini dibangun secara permanen oleh sahabat Rosullulloh SAW, Umar bin Khatab pada tahun 638 Masehi, dengan membeli rumah-rumah di sekeliling Ka'bah dan diruntuhkan untuk tujuan perluasan, dan kemudian dilanjutkan lagi pada masa khalifah Usman bin Affan sekitar tahun 647 M. Di dalam masjid ini terdapat Ka'bah, yang mana adalah rumah Allah SWT. Ka'bah dijadikan arah kiblat bagi seluruh umat Islam di dunia. Dan pada saat musim haji, masjid ini dapat menampung jamaah hingga 4 juta orang.


6. GREAT MOSQUE OF KUFA, IRAQ  


Di bangun tahun 639. Masjid Agung Kufah atau al-Azam terletak di Kufah,Irak. Adalah salah satu masjid yang paling awal dalam Islam.
Dibangun pada abad ke-7 oleh Muslim ibn 'Aqil, sepupu pertama dari Husain bin Ali, dan rekannya Hani bin 'Urwa, dan revolusioner Mukhtar al-Thaqafī. Masjid ini dibangun dengan dihiasi batu mulia, emas perak, berlian, rubi dan di setiap sudut satu masjid.


7. MOSQUE OF UQBA, TUNISIA

Masjid Uqba atau dikenal dengan Masjid Agung Kairouan. Merupakan salah satu masjid penting di Tunisia, terletak di wilayah Warisan Dunia UNESCO kota Kairouan. Masjid Kairouan dibangun pada 670 oleh pendiri Kairouan Sidi Oqba, tidak lama setelah kedatangan muslim Arab ke Afrika Utara. Setelah itu mengalami penyempurnaan oleh Emir Ahmad Ibrahim Abou pada 863. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Sidi Oqba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar