Minggu, 13 Mei 2012

7 KOTA BERBAHAYA DI DUNIA

1. DHARAVI, MUMBAI-INDIA

Dharavi merupakan penggambaran jelas sebagai kota yang murah di tengah-tengah kota Mumbai yang mahal, cukup dengan $ 4 perbulan, anda sudah bisa tinggal di sini. Kota yang terbentang lebih dari 175 hektar antara Mahim dan Sion, kota ini sebagai perkampungan kumuh terbesar di Asia dan di huni oleh lebih dari 600.000 penduduk. Kota ini mempunyai saingan di Orangi town di Karachi, Pakistan yang sangat luas dengan penuh sampah, memiliki persediaan air bersih dan fasilitas MCK yang buruk terutama saat air pasang, dan lingkungan yang tidak sehat ini mengancam kesehatan penduduknya. Tetapi meski demikian Dharavi merupakan tempat berbagai industri sekala kecil, seperti tembikar, garmen bordir, kerajinan kulit dan peralatan plastik, bahkan total income nya hampir mencapai 650 juta dollar.

2. RACINHA, RIO DE JENEIRO - BRAZIL

Dalam bahasa portugis berarti lahan pertanian kecil, merupakan perkampungan kumuh terbesar atau favela di amerika selatan. Berlokasi di antara distrik Sao Conrado dan Gavea, merupakan tempat di atas pinggir bukit dalam jarak satu kilometer dari pantai. Dulunya merupakan perkampungan kecil yang berkembang cepat menjadi lingkungan kumuh yang padat. Bangunan-bangunan disini terbuat dari bata dan dilengkapi dengan persediaan air, sanitasi, dan fasilitas umum lainya, yang membuat kota ini berbahaya adalah maraknya perdagangan obat-obat terlarang disini, hal ini sering memicu terjadinya pertarungan antar genk, pengejaran-pengejaran oleh polisi yang membuat sangat beresiko untuk tinggal disini. Populasinya mencapai 100.000 kepala yang merupakan kelompok ekonomi kebawah dengan tingkat kematian yang tinggi, apalagi kota ini dibangun di atas lereng bukit yang curam dan rawan longsor dan juga banjir.

3. KIBERIA IN NAIROBI, KENYA

Dalam bahasa Nubian berarti hutan, merupakan perkampungan kumuh terbesar diseluruh afrika, yang tinggal disini kebanyakan merupakan penyewa yang tidak memiliki hak tinggal di gubuk - gubuk yang terbuat dari tanah liat, masing-masing gubuk dihuni sampai 8 orang, hanya 20% dari Kiberia yang memiliki listrik dan persediaan air bersih yang tidak teratur, sumber air disini yang digunakan juga mengandung kuman kolera dan tipus yang disebabkan kondisi saluran air yang buruk, dan juga ancaman AIDS yang pemerintahnya sendiri tidak mau tahu untuk menangani fasilitas medis. Keadaannya bertambah buruk dengan kebiasaan penduduk disini yang sering minum-minuman keras yang disebut changaa, dengan angka penganguran yang sangat tinggi dan kebiasaan mabuk membuat kriminalitas di sini tinggi, obat - obatan terlarang yang murah pun mudah didapatkan, bahkan ada pula kebiasaan menghirup uap lem untuk mabuk, kehamilan yang tak diharapkan pun sering terjadi sehingga membuat angka aborsi juga tinggi.

4. LINFEN, CHINA

Merupakan pusat pertambangan batu bara dan merupakan salah satu kota yang tingkat polusinya paling tinggi didunia, berlokasi tepat dijantung kota Shanxi, provinsi China. Udara dikota ini dipenuhi dengan debu dan asap yang sudah menghalangi pandangan, populasi sekitar 3 juta, dan meraka yang tinggal disini setiap harinya mengkonsumsi air yang mengandung arsenik, belum lagi dari udara yang mereka hirup terpolusi akibat kendaraan bermotor dan gas-gas beracun lainya, jika anda pertama kali disini akan langsung mencium aroma yang tidak sedap akibat banyaknya saluran liar yang luber dimana-mana, sungai yang mengalir disisi kotapun dicemari oleh minyak, tidak heran penduduk sini beresiko terkena kanker karena memanfaatkan air tersebut, pepohonan di kota inipun seperti mengambarkan suramnya kota ini.

5. KABWE ,  ZAMBIA

Zambia dikenal sebagai negeri yang kaya timah, meskipun pertambangan disini sudah ditutup dan tidak ada lagi operator yang beroperasi, akumulasi timah dan Cadmium dibekas koloni inggris ini sudah tinggi sejak ditemukanya tahun 1902. penduduk disini menghadapi ancaman racun timah selama beberapa dekade, test darah pada anak-anak menunjukan konsentrasi yang hingga 5 sampai 10 kali lipat dari ambang batas normal.

6. CHERNOBYL, UKRAINE

Kecelakaan pada tanggal 26 april itu mengakibatkan radiasi yang volume dan efeknya 100 kali lebih besar dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Kecelakaan reaktor nuklir di Chernobyl yang menyebabkan 5,5 juta orang menghadapi ancaman kanker Tiroid, keadaan terus berlanjut saat ribuan anak Rusia, Ukrania, dan Belarusia yang tinggal didekatnya tidak bisa menghindar dari radiasi.

7. DZERZHINSK, RUSSIA

Dinamakan demikian dari pemimpin rusia feliks edmundovich Dzerzhinsky, yang berlokasi disisi sungai Oka di Nizhny Novgorod Oblast, Rusia. Merupakan kota industri kimia dan kemudian dijalankan basis produksi senjata-senjata kimia Rusia, dari sinilah kota ini menjadi kota paling tercemar didunia dengan tingkat kematian yang tinggi. Dikota ini rata- rata usia hidup laki-laki adalah 42 tahun dan wanita 47 tahun, angka kematian tinggi yang dibarengi dengan produksi bahan kimia yang tidak berhenti seperti racun dioxins, hydrogen cyanide, mostar timah dan sulfur, kandungan phenol dan dioxin diperairan Dzerzhinsk melebihi ambang batas normal hingga 17 juta kali lipat, baru-baru ini saja bank dunia mengelontorkan dana untuk mengatasi masalah ini.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar