Kamis, 02 Agustus 2012

FILM ANNE HATHAWAY

1. THE PRINCESS DIARIES (2001)

Pendatang baru Anne Hathaway menunjukkan bakatnya dalam film komedi di awal kariernya. Diangkat dari serial novel anak karya Meg Cabot, 'The Princess Diaries' diramaikan Hathaway sebagai Mia Thermopolis, seorang remaja yang kaku dan tidak terkenal yang menemukan bahwa neneknya (Julie Andrews) adalah seorang ratu dari sebuah bangsa kecil di Eropa, Genovia, yang berarti bahwa dia juga merupakan seorang putri. Film yang berkisah dari perempuan jelek yang menjadi cantik tersebut, membuat Hathaway terkenal di kalangan penggemar buku tersebut. Namun sekuel 'The Princess Diaries 2: Royal Engagement,' kurang mendapat sambutan baik.


2. ELLA ENCHANTED (2004)

Buku dongeng karya Gail Carson Levine 'Ella Enchanted (1997) diangkat ke dalam film layar lebar yang apik pada 2004. Hathway berperan sebagai Ella, seorang wanita muda yang tinggal di kerajaan Frell yang diberi 'berkat' kepatuhan oleh ibu peri baptisnya Lucinda (Vivica A. Fox). Kewajiban Ella untuk melakukan apapun yang diminta akibatnya mencerminkan kesenangan yang ragu-ragu dalam film yang jelas ingin mendompleng kepopuleran 'Princess Diaries' yang diperankan Hathaway.


3. BROKEBACK MOUNTAIN (2005)

Perubahan Hathaway menjadi lebih dewasa dari filmnya sebelumnya dimulai pada 2005 dengan perilisan film indie 'Havoc,' yang memasukkan adegan telanjang pertamanya, dan 'Brokeback Mountain.' Dalam Brokeback dia berperan sebagai Lureen Newsome, seorang bintang rodeo yang menggoda dan menikahi koboi Jack Twist (Jake Gyllenhaal). Namun Jack memiliki sebuah rahasia, dia bertahun-tahun mencintai Ennis (mendiang Heath Ledger). Hathaway mengatakan dalam beberapa wawancara bahwa bagian tersulit untuk peran tersebut adalah berperan sebagai penggoda, sesuatu yang menurutnya dianggap masih kaku.

4. THE DEVIL WEARS PRADA ( 2006 )

Dalam film adaptasi bebas dari novel Laura Weisberger ini, Hathaway berperan sebagai Andrea Sachs, seorang jurnalis muda ambisius yang mendapatkan jabatan sebagai asisten pribadi editor majalah Runway, Miranda Priestly, versi saduran dari Anna Wintour dari Vogue. Sebagai 'gadis gemuk' pembantu Miranda, Andrea mengorbankan kehidupan pribadinya, termasuk hubungannya dengan kekasihnya Nate (Adrien Grenier) karena dia terus melayani bosnya tersebut dan selalu menerima telepon setiap jam. Meskipun Hathaway merupakan tokoh protagonis, adalah Streep dan lawan mainnya Emily Blunt yang menerima banyak pujian dari kritikus film.

5. BECOMING JANE (2007)

Sama seperti Shakespeare in Love, yang menceritakan kisah hidup Bard dunia nyata yang menjadi inspirasi dramanya, begitu pulan 'Becoming Jane' yang bercerita tentang kehidupan Jane Austen dan skenario yang menginspirasikan novelnya 'Pride and Prejudice.' Namun jangan cari kesamaan sejarah, meskipun Hathaway, berperan sebagai Austen, melakukan banyak penelitian sejarah untuk mempersiapkan perannya tersebut. Kekhawatiran apapun yang dimiliki oleh orang Inggris tentang orang Amerika yang berperan sebagai tokoh ikonik Inggris, kritikus Inggris tampaknya tidak menurunkan pujiannya pada Hathaway, dengan menominasikannya untuk Aktris Terbaik dalam British Independent Film Award.

6. RACHEL GETTING MARRIED (2008)

Nominasi Oscar pertama Hathaway didapatnya ketika bermain sebagai Kym, seorang pecandu di rehab yang diberi izin keluar untuk menghadiri pernikahan adiknya Rachel (Rosemarie DeWitt). Sutradara Jonathan Demme menggunakan pendekatan alami untuk menunjukkan pada kita bagaimana ketegangan terjadi dalam keluarga tersebut, termasuk rasa benci Rachel yang tidak diperhatikan karena Kym dan rasa benci Kym yang dia anggap sebagai kecurigaan ayahnya yang sebenarnya merupakan hal yang remeh. Hathaway juga dinominasikan dalam beberapa penghargaan untuk penampilannya tersebut, termasuk sebuah Golden Globe dan Toronto Film Critics Association Award.

7. GET SMART (2008)

Acara komedi TV 1960-an 'Get Smart' diangkat ke layar lebar pada 2008, dengan Steve Carell memerankan Maxwell Smart, yang dulu diperankan Don Adams. Max, merupakan seorang analis di organisasi rahasia CONTROL, yang ingin menjadi seperti agen idolanya, Agent 23 (Dwayne Johnson), namun diremehkan hingga organisasi musuh KAOS menguak semua identitas agen CONTROL. Hathaway, yang berperan sebagai Agent 99, seorang agen operasi senior yang enggan bermitra dengan Max, secara bijak membuat Carell menjadi pribadi yang lucu namun juga karismatik.

8. ALICE IN WONDERLAND (2010)

Sebagai Mad Hatter, Johhny Depp berperan sangat baik dalam film Alice in Wonderland garapan Tim Burton. Namun Hathaway, sebagai Mirana of Marmoreal, alias White Queen, dengan mudah menjadi putri berkat pengalaman pertamanya, menggambarkan karakternya terlalu baik, namun sedikit sama gila dengan saudaranya Iracebeth of Crims alias Red Queen (Helena Bonham Carter). Hathaway menggambarkan White Queen sebagai seorang vegetarian cinta damai dan punk rock' dalam wawancara, dan dia dikabarkan mendengar banyak lagu Blondie dan menonton film Greta Garbo sebagai inspirasinya.

9. LOVE AND OTHER DRUGS (2010)

Reuni Hathaway dengan bintang Brokeback Mountain, Jake Gyllenhaal saat dia bermain sebagai Maggie Murdock, seorang seniman yang mengidap penyakit Parkinson yang terpesona - namun ditipu - oleh humas penjualan Viagra Jamie Randall (Gyllenhaal). Keduanya terlibat dalam hubungan seksual tidak serius, namun seiring berjalannya waktu, Jamie jatuh cinta dengan Maggie. Hathaway tidak ingin terlalu dekat dengan Lothario, terutama karena kemajuan penyakitnya. Film ini juga banyak menampilkan adegan telanjang dan bercinta.

10. THE DARK KNIGHT RISES (2012)

Tidak diragukan lagi bahwa para penggemar Batman akan kesulitan menyandingkan Anne Hathaway ke dalam mitos Dark Knight mengingat penampilan memeson Michelle Pfeiffer sebagai Selina Kyle alias Catwoman, dalam Batman Returns pada 1992. (Jangan lupakan juga Halle Berry) Namun kita tidak akan mempertanyakan Hathaway dan sutradara Christopher Nolan tentang hal ini, bahkan jika beberapa pegiat online mencibir kostum rancangan Liny Hemming-nya. Kyle berperan sebagai seorang pencuri yang menyindir dunia Bruce Wayne (Christian Bale) dan menjadi sekutunya ketika teroris Bane (Tom Hardy) menyerang Gotham. Nolan menggambarkan Selina sebagai 'femme fatale film klasik yang lebih licik.'

1 komentar: